Our Blog

Solusi Mudah Menghemat Listrik Dengan Skylight

Tagihan listrik selalu membengkak? walaupun anda tidak sering menggunakan banyak barang elektronik di rumah, hal tersebut biasanya di picu oleh kelalaian yang sering kita lakukan sendiri salah satunya dengan lupa mencabut kabel listrik dari stop kontak.

Meskipun hal tersebut sering dianggap remeh, namun tak boleh begitu saja di abaikan. Meskipun hanya kabel charger yang menempel di stop kontak, akan tetapi dapat menyerap daya listrik yang cukup banyak apabila di lakukan terus menerus. Tanpa kita sadari penggunaan listrik pun menjadi lebih boros.

Belum lagi dalam menggunakan lampu, sering kita lupa untuk mematikan lampu meskipun sebenarnya tidak terlalu di butuhkan pada siang hari. Untuk mengatasi hal tersebut, kini banyak di dirikan perumahan yang menggunakan jendela besar tujuannya adalah untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Selain menggunakan jendela yang besar, kini juga telah banyak di gunakan skylight yang di letakkan di atap rumah.

Manfaat Skylight Untuk Rumah

Skylight atau bisa di sebut dengan cahaya dari langit memiliki fungsi untuk menangkap cahaya yang berasal dari langit untuk kemudian di pancarkan ke dalam rumah dengan cara membuat jendela pada atap rumah. Biasanya  bangunan yang di lengkapi dengan skylight di gunakan di negara-negara eropa seperti spanyol, yunani, polandia, italia serta perancis. Adapun beberapa kelebihan yang di miliki skylight diantaranya seperti:

  • Dapat menghemat listrik dengan tidak menggunakan lampu secara berlebihan
  • Skylight mampu mengingkatkan cahaya pada setiap sudut rumah
  • Skylight tidak membuat suhu ruangan menjadi meningkat

Dengan menggunakan kaca atau lapisan film, skylight tidak akan meningkatkan suhu udara dalam rumah oleh sebab itulah kini di pemerintah negara-negara maju menganjurkan untuk menggunakan skylight. Bagi anda yang menginginkan untuk membangun rumah ataupun merenovasi rumah, akan lebih baik jika mempertimbangkan untuk menggunakan skylight. Ada beberapa hal yang patut anda ketahui mengenai skylight diantaranya adalah:

Skylight sangat cocok di gunakan pada semua model atap rumah

Salah satu kelebihna dari skylight adalah tidak mengacu pada sebuah model atap rumah saja, namun juga dapat di gunakan untuk berbagai jenis model atap rumah. Dengan atap berbentuk datar ataupun tidak, dapat di pasang skylight. Sebagai contoh, penerapan skylight pada atap rumh yang tidak datar dapat di berikan jarak sekitar 1,5 meter.

Skylight dapat di sesuaikan dengan pemasangan ruangan yang di kehendaki

Pemasangan skylight dapat di sesuaikan dengan salah satu bagian ruangan yang anda kehendaki. Namun akan lebih baik lagi jika anda mempertimbangkan sesuai dengan nilai estetika. Pemasangan skylight yang sering di pilih adalah ruang tamu, sudut tangga rumah, ataupun kamar tidur. Adapun pemasangan skylight pada kamar tidur di buat agak sedikit miring dengan tujuan agar sinar matahari yang terpancar dapat langsung masuk ke dalam ruangan.

Pemilihan material yang tepat

Anda bisa menggunakan kaca ataupun plastik untuk membuat skylight yang di gunakan sebagai penutup. Untuk bingkai kaca bisa di gunakan bahan alumunium ataupun baja. Dengan pertimbangan bahan lebih kuat dan tahan terhadap api, maka bisa di pilih kaca sebagai bahan untuk skylight. Meskipun anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk itu namun skylight yang dibuat akan lebih tahan terhadap panas serta tentunya awet dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akan tetapi jika anda ingin berhemat, bahan plastik juga dapat menjadi sebuah alternatif pengganti kaca. Pilihlah bahan plastik yang dapat di gunakan seperti akrilik, ABS serta Polikarbonat.

Baca juga: Tips Menghemat Listrik Rumah Anda