Our Blog

Punya Rumah Tanpa Hutang di Usia Muda, Mungkinkah?

Memiliki rumah sendiri adalah cita-cita dan harapan banyak orang. Mulai dari mereka yang sudah berumah tangga, sampai yang masih muda. Beberapa orang mungkin akan terlihat biasa ketika membeli rumah di usia yang cukup matang atau bahkan saat sudah berumah tangga. Namun, bagaimana jika masih muda dan Anda bisa membeli rumah sendiri?

Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas Anda di mata banyak orang. Selain itu, Anda juga bisa lebih mandiri atau bahkan menyenangkan hati orang tua karena mereka turut Anda ajak tinggal di rumah baru tersebut.

Tips Memiliki Rumah di Usia Muda

Namun, bagaimana caranya di usia muda sudah bisa memiliki rumah dari hasil jerih paya sendiri, sedangkan tidak ingin terbeban hutang dari bank? Sebenarnya cukup mudah, asalkan Anda tahu bagaimana mengatur keuangan dan beberapa hal. Seperti apakah itu? Coba simak ulasan di bawah ini supaya Anda bisa menerapkannya pada diri sendiri.

1. Rencanakan Jauh-Jauh Hari atau Mulailah dari Sekarang

Rencana yang matang tentu akan membuahkan hasil yang cepat dan baik. Sejak awal berniat membeli rumah, segeralah merencanakannya dengan sungguh-sungguh. Mulailah untuk memikirkan berapa biayanya, rumah seperti apa yang Anda inginkan, di daerah mana Anda akan membelinya, adakah kenalan yang bisa dihubungi dan lain sebagainya. Anda juga menjadi memikirkan banyak cara untuk bisa mendapatkan uang demi rumah impian.

Misalnya saja, sekarang Anda bekerja di sebuah kantor, kemudian gaji bulanan Anda kurang cukup untuk bisa membeli rumah, dengan rencana yang matang maka Anda akan mulai memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan. Namun, apabila sekarang Anda belum memiliki rencana sama sekali, sebaiknya Anda mulai dari sekarang, supaya kelak bisa membeli rumah dengan cepat. Mulailah cari informasi harga rumah dan lain-lain untuk tahu berapa dana yang dibutuhkan ke depannya.

2. Tabunglah Uang Anda Mulai Dari Sekarang

Menabung adalah cara paling utama supaya bisa mendapatkan rumah tanpa berhutang. Anda harus ingat bahwa harga rumah tidak sedikit, di daerah pinggiran saja, rumah biasa harganya bisa mencapai Rp. 150 juta sampai Rp. 200 juta. Berbeda lagi jika ingin membeli rumah di perkotaan, paling tidak Anda harus menyediakan dana Rp. 300 jutaan. Uang sebanyak itu akan sulit jika tidak menabung lebih awal.

Baca juga: Menabung Untuk Membeli Rumah Impian

Anda bisa menyisahkan uang gajian sebanyak 30% sebagai tabungan rumah. Lakukan tiap bulan dengan teratur dan jangan sampai Anda menggunakannya untuk keperluan lainnya. Meskipun Anda sebenarnya bisa membeli rumah dengan meminjam dana KPR, tapi Anda jadi akan terlalu santai dalam pengembalian uangnnya dan Anda jadi terbeban hutang yang lama, sedangkan tujuan Anda adalah membeli rumah tanpa berhutang. Oleh sebab itu, menabunglah dengan cermat dan mulailah hidup berhemat.

3. Rumah dengan Harga Murah, Kenapa Tidak?

Apabila Anda ingin memiliki rumah dengan cepat di usia muda, cobalah cari rumah yang harganya murah. Misalnya Anda menemukan rumah harga murah dengan kondisi yang tidak lagi baru tapi masih bisa diperbaiki dengan cepat, coba saja dipertimbangkan. Anda malah bisa mengecatnya ulang dan mengganti barang-barang di dalamnya dengan barang Anda sendiri sehingga tampilannya tampak baru lagi. Cara demikian akan menghindarkan Anda dari meminjam uang.

Namun, ketika ingin membeli rumah baru yang harganya cukup murah, jangan putus asa mencarinya. Biasanya di daerah pinggiran yang ke luar kota sedikit, ada banyak pengembang hunian yang menawarkan rumah baru dengan harga cukup miring. Selain itu, sambil mencari-cari rumah, cobalah melakukan usaha tambahan supaya uang cepat terkumpul dan bisa membayar rumah dengan lebih cepat.

Baca juga: Tips Membeli Rumah Meski Gaji Pas-Pasan