Our Blog

Panduan Membeli Rumah Maupun Tanah

Rumah dan tanah memang salah satu bisnis paling menguntungkan selama beberapa tahun terakhir ini. Diprediksi akan semakin menguntungkan untuk ke depannya, sehingga banyak yang mencari rumah maupun tanah supaya bisa diinvestasikan demi masa depan.

Panduan Singkat Sebelum Membeli Rumah

Namun, bukan hanya untuk bisnis, keperluan tempat tinggal juga semakin bertambah. Hal inilah yang membuat rumah maupun tanah jadi sukar dicari dan harganya makin mahal. Apabila Anda ingin membeli rumah maupun tanah entah itu sebagai investasi atau untuk tempat tinggal, sebaiknya perhatikan dan pertimbangkan hal-hal seperti di bawah ini.

1. Lihat Dana yang Tersedia dan Target Harga Rumah

Sebelum membeli rumah, hal utama yang harus dipersiapkan tentu saja dananya. Karena yang akan Anda pakai membeli rumah maupun tanah adalah uang. Oleh sebab itu, perhitungan dana ini sangat penting dilakukan. Perhitungan dana atau budged tersebut meliputi berapa harga rumah yang Anda inginkan, berapa biaya yang Anda miliki sekarang, berapa uang yang harus Anda tabung per bulan, berapa DP yang sanggup Anda bayarkan.

Perlukah melakukan pinjaman ke KPR atau tidak, adakah barang berharga yang bisa dijual untuk melengkapi budged yang ada dan banyak hal lagi. Termasuk adakah pengeluaran dadakan, apalagi jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Selain itu, Anda juga harus memikirkan dana cadangan dan lain-lain. Apabila dana kurang, perlukah Anda mendapat pekerjaan tambahan atau tidak. Semua harus dipikirkan dan dihitung dengan benar.

2. Tentukan Spesifikasi dan Lokasi

Usai menghitung dana, lakukan survei dan riset untuk lokasi serta spesifikasi rumah maupun tanah yang ingin Anda beli. Untuk spesifikasi, hal tersebut meliputi seperti berapa kamar yang Anda inginkan ketika membeli rumah, untuk berapa orang rumah itu dibeli, bagaimana dapurnya, taman dan lain-lain. Sedangkan untuk pembelian tanah, contohnya menentukan di jenis tanah kavlingnya, keadaan tanahnya seperti apa, bisakah dibangun rumah dengan tipe yang Anda inginkan, atau apakah tanahnya bisa ditanami tumbuh-tumbuhan dan lain-lain.

Baca juga: Ketahui Serba-Serbi Sebelum Membeli Tanah

Begitu pula ketika menentukan lokasi. Anda ingin rumah atau tanah di daerah mana. Di perkotaan, pinggiran kota, di dalam desa, dekat pantai atau gunung dan lain-lain. Bahkan menentukan lokasi ini termasuk apakah dekat sekolahan, rumah sakit, stasiun dan apakah jalurnya mudah dilalui kendaraan atau tidak. Tentukan dengan cermat supaya mendapat rumah di tempat yang diimpikan.

3. Hubungi Developer Terpercaya

Apabila dana sudah terkumpul dan lokasi serta ketentuan lain sudah pasti, tinggal mencari developer atau penjual rumah maupun tanah yang terpercaya. Untuk mencari pengembang rumah terpercaya, Anda bisa mencarinya dengan bertanya teman yang sudah berpengalaman, bisa juga cari info di internet. Namun, ketika mencari informasi lewat internet sebaiknya disaring lebih dulu. Anda juga bisa mendatangi ekspo-ekspo yang diadakan para developer di mall-mall. Tidak apa-apa tanya pada banyak pihak daripada nanti menyesal karena memilih penjual yang salah.

4. Datangi Lokasi dan Pastikan Keaslian Dokumen

Supaya Anda terbebas dari usaha tipu-tipu maupun memastikan agar tidak kecewa dengan bentuk rumah dan tanah yang Anda beli, mendatangi lokasi secara langsung tentu sangat disarankan. Tanyakan pada penjual kelengkapan dokumen-dokumennya, seperti sertifikat tanah atau bangunan dan status dokumen tersebut. Baca dengan jelas isi dokumen sehingga tidak ada sengketa atau masalah di kemudian hari.

Selain itu, dengan melihat dokumen serta survei lokasi secara langsung, Anda bisa berbincang-bincang lebih dalam dengan penjual. Misalnya ada hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal, Anda bisa meminta pemotongan biaya dan lain-lain. Apabila sudah pasti dengan semua hal tersebut, tinggal tetapkan jadi membeli rumah tersebut atau tidak.

Baca juga: Beli Rumah Jadi Atau Bangun Sendiri, Mana Yang Lebih Untung?