Our Blog

Manfaat Mengaplikasikan Gipsum Di Dalam Rumah

Gipsum selain sebagai plafon ruangan ternyata juga bisa menawarkan beberapa manfaat lain. Sebagai contoh, gipsum juga bisa digunakan untuk dinding rumah.

Keuntungan Menggunakan Gipsum

Gipsum dapat menjadi pengganti dinding rumah di negara-negara Eropa yang mengalami 4 musim dalam setahun, karena mampu menahan terpaan 4 musim. Jika di musim panas, gipsum mampu menahan masuknya panas langsung ke dalam ruangan. Sedangkan jika dimusim dingin, dinginnya juga tidak dapat mudah masuk ke dalam.

Selain untuk hunian, menurut beberapa pakar mengatakan bahwa gipsum juga bisa digunakan untuk bangunan yang lain, misalnya rumah sakit.

Baca juga: Solusi Mudah Menghemat Listrik Dengan Skylight

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki gipsum yakni ramah lingkungan, terutama penggunaan air sebagai bahan utama. Dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan kota yang begitu pesat, ketersediaan air yang terbatas menjadi permasalahan tersendiri karena pasokan air akan pula menipis. Tidak halnya dengan gipsum, yang hanya memakai air yang sangat sedikit pada saat pembuatannya. Terlebih lagi bahan material yang digunakan bersumber recycle, jadi sangat ramah lingkungan.

Indonesia sendiri merupakan  negara beriklim tropis yang sinar mataharinya cukup terik. Oleh sebab itu, gipsuk sangat cocok diaplikasikan di dalam setiap rumah. Karena, tembok adalah penghantar panas terbaik di dalam rumah dan panasnya tetap bertahan di dalam tembok sampai jam dua pagi. Di Negara Eropa, para penduduknya melapisi tembok dengan gipsum sehingga panas matahari tidak ditransfer ke ruangan. Selain itu, rumah-rumah di Eropa juga memiliki plafon yang lebih tebal dibandingkan di Indonesia. Tujuannya, untuk menghalangi panas secara langsung supaya panas dari genteng tidak berpindah ke dalam ruangan.

Baca juga : Mengenal Ragam Jenis Kaca Untuk Dekorasi Rumah

Ternyata gipsum tidak hanya semata sebagai penambah estetika hunian yang cantik melainkan pula memberikan manfaat lainnya seperti yang telah disebutkan diatas. Gipsum bisa sebagai penangkal panas dan dingin terhadap rumah secara langsung. Dengan kata lain, ketika cuaca panas, ruangan yang menggunakan tembok gipsum tidak akan terasa terlalu panas. Begitupun sebaliknya pada saat cuaca dingin datang, maka udara dingin tersebut tidak masuk ke dalam rumah. Anda bisa meminimalisir pengeluaran karena penggunaan pemanas dan pendingin ruangan jadi berkurang, sehingga bisa lebih hemat listrik.