Our Blog

Indonesia Memiliki 3 Bandara Terbaik Di Dunia

Indonesia sebagai negara yang sering di kunjungi para wisatawan mancanegara selalu berbenah untuk melakukan pembangunan serta renovasi di setiap bandara. Karena bandara merupakan sebuah fasilitas publik yang sangat vital, maka pembangunannya pun terus di tingkatkan baik dari segi keamanan ataupun segi pelayanannya.

Dengan adanya penggalakan pembangunan bandara tersebut kini Indonesia telah memiliki 3 bandara yang dapat menebus 10 besar bandara terbaik di dunia. Sungguh pencapaian yang menakjubkan bukan?

3 Bandara Terbaik Indonesia Bertaraf Internasional

Berdasarkan pada press rilis yang telah di terima dari PT Angkasa Pura I bahwa ada 3 Bandara di Indonesia yang telah berhasil masuk dalam 10 besar peringkat dunia yang berdasar kategori jumlah penumpang serta nilai kepuasan penumpang selama triwulan II tahun 2017 yang mana telah di lakukan oleh ACI. Bandara yang telah berhasil masuk peringkat 10 besar itu ialah bandara Internasional Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali serta bandara Internasional Juanda Surabaya.

Untuk peringkat pertama di tempati oleh Bandara Internasional Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dengan kategori penumpang 5 hingga 15 juta/tahun dan hal tersebut di lihat dari total keseluruhan 85 bandara di dunia yang mana telah di survei pada triwulan II. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan bagi Indonesia karena pada triwulan I tahun 2017 Bandara Sepinggan hanya menempati posisi 3.

Sementara itu peringkat kedua pada triwulan II di tempati oleh bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dari total keseluruhan 37 bandara di dunia dengan kategori jumlah penumpang terbanyak yakni 15-25 juta penumpang/tahun.

Peningkatan prestasi yang signifikan terjadi karena pada triwulan I di mana bandara I Gusti Ngurah Rai hanya menempati posisi 3. Untuk tingkat asia pasifik, bandara I Gusti Ngurah Rai berhasil menduduki peringkat 8 dari total 96 bandara pada triwulan II tahun 2017. Posisi tersebut telah berhasil naik dari posisi sebelumnya yang hanya menduduki peringkat 12.

Sedangkan untuk bandara Juanda Surabaya berhasil menduduki peringkat 10 untuk kategori bandara dengan jumlah penumpang terbanyak, sama seperti halnya bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yakni dengan jumlah penumpang 15-25juta penumpang /tahun. Bandara Juanda telah berhasil naik dua peringkat setelah sebelumnya hanya menempati posisi ke 12 pada penilaian triwulan I tahun 2017.

Survei yang di laksanakan oleh ASQ merupakan wujud kepedulian kepada para pengguna jasa bandara agar tetap merasa nyaman dengan menggunakan fasilitas yang di sediakan. Pihak ASQ selalu berusaha untuk tetap menjaga serta meningkatkan standar layanan bagi para penumpang pesawat.

Untuk harapan kedepannya pada triwulan ke IV semoga pihak yang berwenang dapat meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara dan mampu menduduki peringkat terbaik di akhir tahun ini. pihak ASQ melakukan survei terhadap kurang lebih 250 bandara di dunia mengenai kepuasan serta layanan yang di bandara.

Untuk setiap tahunnya ASQ telah mewawancarai sekitar 600 ribu orang yang menggunakan jasa layanan bandara di 81 negara di dunia dengan menggunakan 41 macam bahasa. Adapun program yang di lakukan diantaranya dengan melihat akses bandara, security screening, check in, restorn, toilet serta tempat berbelanja. Untuk mekanisme yang di lakukan di semua bandara adalah sama dengan menerapkan basis data industri yang di lakukan di setiap bandara.

Lihat Perumahan Kami di Balikpapan :