Our Blog

Cara Tepat Pilih Tanah untuk Bangun Rumah

Berinvestasi tanah untuk masa depan memang jadi trend di masa ini. Bagaimana tidak, selain harga tanah selalu naik, memiliki tanah sendiri juga merupakan keuntungan meskipun tidak diperjualbelikan.

Misalnya untuk membangun rumah di atasnya ketika Anda sudah berkeluarga, atau diwariskan untuk anak-cucu supaya mereka memiliki rumah sendiri nantinya. Hal ini lah yang membuat banyak orang tertarik membeli rumah daripada investasi lainnya seperti mobil atau pun perhiasan. Namun, sayangnya tidak semua tanah cocok untuk dibangun rumah di atasnya.

Ada tanah dengan lokasi yang rawan longsor, sehingga bisa merugikan Anda di kemudian hari. Atau, ada pula tanah yang sulit ditumbuhi tumbuhan karena teksturnya yang keras, padahal Anda menginginkan rumah dengan pepohonan di depannya. Membeli tanah juga tidak bisa sembarangan, karena harus disesuaikan dengan beberapa hal. Sapa sajakah itu?

1. Beli Tanah Sesuai Kebutuhan

Ketika Anda ingin membeli tanah untuk dibangun sebuah rumah di masa depan, usahakan membeli sesuai kebutuhan saja. Jangan lupa lihat berapa budged yang tersedia. Jangan kebablasan beli tanah terlalu luas, tapi pada akhirnya Anda malah berhutang sana-sini. Namun, jika memang dana mencukupi, silahkan membeli tanah yang luas. Memiliki tanah luas juga ada untungnya, misalnya ketika membagi warisan, Anda tinggal membagi-bagi tanah tersebut supaya kelak anak-anak Anda punya rumah bersebelahan.

Atau, Anda butuh rumah untuk membangun rumah sekaligus toko di sebelahnya. Maka tanah yang sempit tentu akan terasa kurang. Anda bisa membeli beberapa petak tanah sekaligus, supaya kelak rumah serta toko Anda tidak terlihat sumpek dan bisa diberi taman di depannya. Perhatikan juga tekstur tanahnya supaya Anda tahu, apakah teksturnya cocok untuk dibangun rumah impian atau tidak. Atau, Anda ingin tanah dengan sumber air yang mencukupi, supaya Anda bisa membangun sumur sendiri tanpa membeli air dari pdam.

2. Perhatikan Lokasi ketika Membeli Tanah

Lokasi ini adalah faktor penting lainnya yang sangat perlu diperhatikan ketika membeli tanah. Apalagi ketika Anda ingin mendirikan rumah di atas tanah tersebut, sebaiknya pintar-pintar memilik lokasi yang sesuai. Lokasi tanah yang tepat, biasanya berada di dekat tempat-tempat umum seperti sekolah, pusat kesehatan, dan pasar. Sedangkan lokasi tanah yang kurang cocok dibeli untuk dibangun rumah adalah lokasi di dekat rel kereta, di dekat pusat listrik seperti sejalur dengan menara listrik, maupun di dekat jalan raya.

Alasan-alasan tersebut karena membangun rumah di dekat tempat-tempat itu pasti akan sangat bising. Apalagi bagi yang suka suasana damai dan tenang, lokasi di tepi jalan raya atau di dekat rel kereta akan membuat kehidupan kurang nyaman. Hal ini juga mengganggu aktivitas anak Anda untuk belajar dan pastinya berbahaya untuk membiarkan anak-anak keluar sendiri.

Baca jugaPerhatikan Hal Berikut Ini Saat Beli Tanah Kavling

3. Pastikan Tanah Tersebut Legal

Paling penting dan harus mendapat perhatian ektra adalah legalitas dari tanah yang akan Anda beli. Jangan sekali-kali membeli tanah dengan dokumen yang tidak lengkap, atau dokumen yang tampak meragukan. Anda harus memastikan sendiri ke Badan Pertanahan Nasional untuk mengecek keaslian dokumen. Tanah yang tidak legal, akan merugikan Anda di kemudian hari.

Bisa saja suatu ketika ada orang luar yang mengaku-aku tanah tersebut padahal sudah Anda beli, sedangkan Anda tidak bisa membuktikan keaslian dan keabsahan Anda memiliki tanah tersebut. Hal paling menyeramkan lainnya adalah terjadi sengketa tanah, yang pasti tidak pernah diinginkan siapa pun.

4. Survei untuk Melihat Tekstur Tanah

Untuk memastikan tanah yang Anda beli cocok atau tidak dibangun rumah, pergilah sendiri untuk melihatnya. Pastikan tekstur tanahnya bagus untuk didirikan rumah. Biasanya tanah yang tidak terlalu gembur dan tidak terlalu keras adalah pilihan yang tepat untuk dibeli. Usahakan tanahnya tidak landai sehingga nantinya tidak longsor ketika Anda sudah menempatinya.

Baca juga: Ketahui Serba-Serbi Sebelum Membeli Tanah