Our Blog

Cara Mudah Menghemat Pengeluaran

Terkadang satu sampai dua minggu setelah gajian, Anda sudah merasa bahwa uang menipis. Padahal tidak digunakan untuk hal macam-macam dan hanya dipakai untuk keperluan sehari-hari. Hal ini kemungkinan adalah karena cara memanajemen uang yang kurang benar, sehingga tanpa sadar pengeluaran di awal bulan jadi sangat banyak dan membebani Anda di hari-hari berikutnya.

Mengeluarkan Uang Dengan Bijak

Namun, apabila Anda mau mengganti beberapa kebiasaan, bisa saja pengeluaran bulanan Anda berkurang sehingga bisa lebih banyak menabung untuk keperluan yang lebih penting, seperti membeli rumah dan lain-lain. Cobalah untuk mengubah kebiasaan seperti di bawah ini untuk hidup yang lebih hemat. Apa saja kebiasaan itu?

1. Ganti Tempat Belanja dari Supermarket ke Pasar Tradisional

Biasanya karena tidak mau repot, Anda jadi lebih suka membeli segala macam keperluan rumah tangga di supermarket modern. Memang di supermarket segala bahan-bahan pokok seperti beras, minyak, sayuran, bahkan bumbu dapur sudah dikemas secara baik dan tinggal ambil. Namun, karena tempat seperti inilah Anda terkadang malah jadi tergoda untuk membeli bahan-bahan lainnya yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Selain itu, harga antara pasar tradisional dan supermarket selisihnya lumayan jauh. Anda bahkan dapat menghemat beberapa puluh ribu dengan membeli barang yang sama. Meskipun pasar tradisional memang tempatnya terkadang lebih sesak, tapi kualitas bahan pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan supermarket. Tinggal pintar-pintar Anda memilih pedagang yang tepat.

2. Coba Merencanakan Belanja Bulanan

Kebiasaan yang tidak Anda sadari bisa menguras dompet adalah berbelanja kebutuhan yang sebenarnya tidak penting. Misalnya saja ketika Anda ke tempat perbelanjaan, kemudian gara-gara melihat diskon dan lain-lain Anda jadi tergoda untuk membelinya. Atau, ketika Anda membeli bahan makanan, Anda tergoda membeli banyak hal karena melihat harganya yang murah dan tampilannya yang menarik. Padahal, hal seperti inilah yang akan menghabiskan uang Anda tanpa disadari.Oleh sebab itu, merencanakan belanja bulanan terlebih dulu akan membantu Anda mengetahui barang apa yang harus dibeli dan berapa pengeluaran yang harus disediakan.

3. Manajemen Listrik dengan Baik

Penggunaan listrik secara sembarang ini rupanya juga salah satu faktor pengeluaran bulanan bisa membengkak. Apalagi semua barang di rumah zaman sekarang menggunakan listrik, jika Anda tidak bisa mengaturnya dengan baik, tagihan listrik akan selalu besar. Contoh paling sederhana adalah penggunaan lampu. Cobalah untuk mengganti lampu biasa menjadi lampu hemat energi, misalnya lampu LED atau neon.

Baca juga: Tips Menghemat Listrik Rumah Anda

Meskipun sudah memakai lampu hemat energi, jangan lupa juga untuk selalu disiplin ketika memakai listrik. Usahakan ketika selesai memakai sesuatu, segera matikan listriknya. Ketika malam pun, usahakan menyalakan lampu di ruang-ruang yang memang digunakan saja, jika tidak sedang dipakai sebaiknya lampu dimatikan. Jangan lupa ketika tidur untuk mematikan seluruh lampu dan peralatan listrik di rumah. Hal ini rupanya cukup banyak mengurangi tagihan listrik Anda

Baca juga: Solusi Mudah Menghemat Listrik Dengan Skylight

4. Kendaraan Umum Lebih Disarankan

Apabila Anda di kota besar yang selalu macet tiap harinya, menggunakan kendaraan pribadi akan menghabiskan banyak bahan bakar. Akibatnya, pengeluaran Anda makin besar. Belum lagi perawatan kendaraan pribadi tiap bulannya yang cukup memakan biaya. Ada baiknya untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Meskipun naik transportasi umum terkadang lebih lambat, tapi cobalah bersabar demi penghematan pengeluaran bulanan.

5. Hidup Sehat dan Makan Makanan Buatan Sendiri

Bisa dibilang, pengeluaran akan berkurang ketika Anda sehat. Sebab, dengan tubuh yang sehat Anda bisa melakukan apa pun dan tidak perlu ke rumah sakit untuk biaya pengobatan yang tidak murah. Maka cobalah untuk mejaga pola hidup Anda, salah satu contohnya yaitu dengan memasak makanan sendiri dan mengurangi makan di luar rumah. Selain menu yang Anda buat terjamin sehat, juga mengurangi biaya makan di luar yang harganya cukup mahal.