Our Blog

Banyak Untung Didapat Saat Mencicil Rumah Lebih Awal

Keinginan besar memiliki rumah lantas membuat Anda menabung mati-matian. Namun, upaya menabung tersebut akan berlangsung cukup lama jika Anda tidak punya siasat yang baik untuk membeli rumah. Hal ini disebabkan karena harga rumah yang terus melambung tiap tahun, sedangkan tabungan Anda yang awalnya bisa dibuat beli rumah di tahun kemarin, malah kurang ketika dibuat beli di tahun ini. Apabila keadaan ini terus berlangsung, cita-cita rumah idaman pun jadi semakin lama.

Keuntungan Membeli Rumah Sedini Mungkin

Kemudian, apa yang harus dilakukan? Cara terbaik untuk memutus rantai tersebut adalah dengan segera membeli rumah tahun ini juga dengan tabungan yang ada. Anda bisa membayar DP terlebih dahulu, kemudian melanjutkan melunasinya di kemudian hari, alias mencicil. Apabila masih ragu, coba simak ulasan berikut ini mengenai banyaknya keuntungan ketika Anda membeli rumah lebih awal.

1. Harga Rumah Masih Lebih Murah

Bisa dibilang, harga rumah tak pernah turun tiap tahunnya. Meskipun dibilang menyesuaikan inflasi yang naik turun, tapi kebutuhan akan tanah dan rumah yang besar membuatnya jarang mengalami penurunan.

Ketika Anda membeli rumah di tahun ini, tabungan Anda mungkin masih bisa digunakan untuk membayar DP, tapi ketika Anda menundanya satu tahun saja, bisa dipastikan Anda harus menabung lagi karena harganya akan naik. Sehingga membeli sekarang dan menyicilnya tiap bulan akan lebih baik dan menghemat biaya, daripada harus menunggu hingga tahun-tahun berikutnya hanya untuk membeli rumah secara kontan.

2. Rumah yang Murah Cicilan pun Rendah

Cicilan rendah ini karena mengikuti harga asli rumah. Ketika Anda membeli rumah dengan harga murah, tentu cicilannya juga rendah. Apalagi jika gaji Anda bisa dibilang pas-pasan tiap bulannya, cicilan rendah tentu akan cukup meringankan.

Daripada terus-terusan menyisihkan gaji bulanan untuk menabung membeli rumah, menyisihkan gaji untuk cicilan akan terasa lebih ringan. Selain itu, Anda sudah bisa menempati rumah tersebut meskipun belum lunas. Pengeluaran uang kontrakan tiap tahun bisa dialihkan untuk cicilan rumah.

3. Ada Perlindungan Asuransi

Apabila Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan cara mengikuti program KPR di suatu bank, biasanya akan mendapatkan asuransi kebakaran dan jiwa. Cara ini terbilang menguntungkan karena Anda tidak perlu khawatir merugi seandainya ada bencana kebakaran. Selain itu, asuransi ini juga dapat meringankan beban keluarga seandainya tiba-tiba si pembeli wafat sebelum cicilannya lunas, karena pihak asuransi akan melunasi sisa cicilan.

4. Pelunasan dengan Jangka Waktu Cukup Lama

Pelunasan yang lama ini bisa tergantung dengan cicilan yang Anda ambil, semakin besar nominal menyicil tiap bulannya, berarti semakin cepat rumah Anda lunas, begitu pula sebaliknya. Namun, ketika Anda mengikuti program KPR, maka akan berbeda lagi. Biasanya KPR akan memberi batas waktu pelunasan sampai usia Anda 55 tahun. Hal ini memang akan meringankan, tapi memang jadi lebih lama lunasnya.

Cara seperti ini bisa Anda lakukan jika tidak ingin terlalu berat menyicil, jadi bisa dilakukan kapan saja selama usia tidak lebih dari 55 tahun. Bayangkan ketika di usia 30 tahun Anda meminjam dana KPR, maka Anda bisa melunasinya sampai 20 tahunan.

5. Membantu Menghitung Potensi Pembelian Rumah

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan cara meminjam kepada bank terlebih dahulu, maka pihak bank tidak akan asal-asalan meminjamkannya kepada Anda. Banyak hal yang diperhitungkan, biasanya termasuk melihat pendapatan Anda perbulan hingga berapa harga rumah yang akan Anda beli. Hal ini tentu dapat membantu Anda mengetahui seberapa besar kemampuan Anda sebenarnya, jadi bisa memperhitungkan segala hal dengan lebih matang.

Baca juga: Keuntungan Membeli Rumah Dari Developer