Our Blog

7 Alat Pengaman Rumah Selain CCTV – Sudahkah Anda Punya?

Jika anda jarang sekali di rumah, mungkin berinvestasi alat pengaman rumah merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satu alat pengaman yang bisa diaplikasikan adalah CCTV yang tentu tidak asing lagi bagi anda. Alat pengaman ini dapat memonitor setiap peristiwa yang terjadi, seperti merekam orang asing yang berniat mencuri ataupun semacamnya. Dengan menggunakan CCTV, kehidupan anda akan sedikit lebih tenang. Anda tidak akan kepikiran terus saat meninggalkan rumah anda yang kosong dalam waktu lama. Anda bisa memonitor rumah anda dari jarak yang jauh sekalipun.

Beberapa Alat Pengaman Rumah

Selain CCTV, ternyata masih ada lagi alat pengaman lainnya yang bisa berfungsi sebagai alat monitor keamanan rumah. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. 3G Wireless Camera Alarm

Merupakan alat peringatan melalui foto. Alat pengaman ini dilengkapi sensor yang akan mendeteksi dengan baik jika ada orang asing masuk ke dalam rumah tanpa ijin. Sistem alarm pada alat ini akan mengirimkan sinyal pada kamera 3G. Teknisnya, alat ini akan merekam atau mengambil gambar, lalu mengirimkan pesan singkat ke handphone atau smartphone anda yang telah didaftarkan lebih dulu sebelumnya. Dengan begitu, anda bisa tahu jika ada orang asing masuk saat anda tidak ada di rumah sekalipun.

2. Sensor Pintu

Door Sensor atau sensor pintu merupakan alat pengaman yang diaplikasikan pada pintu. Alat ini bisa mendeteksi apabila ada upaya pembukaan pintu tertentu di rumah anda secara paksa. Jika alat ini sudah diaktifkan, maka alarm akan berbunyi saat seseorang berusaha membukan paksa pintu tersebut.

3. Glass Break Alarm

Alat ini diaplikasikan pada jaca jendela maupun media lainnya termasuk pintu yang terbuat dari kaca. Sama seperti lainnnya, alat ini bisa berfungsi sebagai alarm jika ada maling yang masuk rumah anda. Alat ini akan mengeluarkan bunyi sebagai alarm jika ada getaran di sekitar jendela atau pintu kaca yang dibuka secara paksa.

4. Pendeteksi Banjir

Liquid detector atau pendeteksi cairan merupakan alat yang sering dipasang di rumah-rumah yang daerahnya rawan banjir. Alat ini memberikan informasi pada pemilik rumah jika terjadi kebocoran air di rumah, termasuk juga mendeteksi apabila ada bencana banjir yang dengan cepat memasuki rumah anda.

5. Tabung Pemadam Kebakaran

Alat ini termasuk alat yang wajib dipunyai setiap pemilik rumah. Tabung pemadam kebakaran berfungsi sebagai alat pertolongan pertama bagi anda dan keluarga saat kebakaran melanda rumah anda. Anda hanya perlu meletakkan tabung ini di titik-titik strategis di rumah anda seperti dapur atau kamar tidur. Anda perlu mengingat bahwa tabung pemadam kebakaran ada masa expirednya atau tanggal kadaluarsa sehingga jangan lupa untuk memeriksanya agar alat ini selalu siap bekerja kapanpun dibutuhkan.

Anda juga perlu mempelajari cara pemakaiannya dari panduan yang tersedia. Jika anda telah menggunakan tabung, anda perlu mengisi ulang tabung tersebut agar bisa dipergunakan kembali untuk waktu selanjutnya. Perhatikan pula memperhatikan jarak amannya, karena setiap tabung pemadam kebakaran mempunyai jarak aman yang berbeda-beda.

6. Pendeteksi Gas

Disebut juga sebagai Gas Detector, alat ini juga cukup esensial untuk anda miliki. Alat ini akan mengeluarkan bunyi sebagai peringatan, bahkan mengirimkan sms pada pemilik rumah jika terjadi kebocoran gas. Walaupun terdengar sepele, alat ini sangat berguna karena mampu mencegah kebakaran rumah yang kerap kali terjadi disebabkan oleh ledakan yang berasal dari gas.

7. Pendeteksi Gempa Bumi

Meskipun Indonesia termasuk negara yang jarang terjadi gempa layaknya Jepang, tidak ada salahnya anda memasang alat pendeteksi gempa bumi di rumah anda. Fungsinya sudah jelas, yakni mendeteksi terjadinya gempa bumi dan memberikan peringatan berupa alarm jika gempa datang.

Itulah beberapa alat-alat keamanan rumah yang bisa anda aplikasikan di rumah anda. Anda tidak perlu memiliki semua, namun beberapa alat keamanan yang direkomendasikan untuk anda miliki adalah CCTV dan tabung pemadam kebakaran.